Tawuran


Pengertian Tawuran :

Tawuran adalah istilah yang sering digunakan masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar sebagai perkelahian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok atau suatu rumpun masyarakat. Sebab tawuran ada beragam, mulai dari hal sepele sampai hal-hal serius yang menjurus pada tindakan bentrok. Tawuran dapat menyebabkan perpecahan di kalangan para pelajar. Tawuran merupakan suatu penyimpangan sosial yang berupa perkelahian.

Penyebab Tawuran:

1- Kurangnya didikan agama

2- Pengaruh teman

3- Kurangnya perhatian orang tua

4- Faktor ekonomi

Cara Menanggulangi Tawuran :

Mulai dari lingkungan keluarga

Mulailah dari hal terkecil, kutipan tersebut bisa memberi bayangan kepada kita bahwa upaya menanggulangi tawuran harus dilakukan sedini mungkin dan harus dimulai dari unit lingkungan sosial terkecil yakni keluarga. Keluarga sebagai sarana penanaman nilai yang pertama dan paling utama harus berperan proaktif dalam mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak. Disinilah pentingnya membina sebuah bahtera rumah tangga yang dinaungi oleh syiar-syiar keagamaan yang tentu saja akan menanamkan nilai-nilai kebaikan pada diri anak. Hal ini diharapkan akan menjadi filter terhadap nilai-nilai negatif yang bisa jadi akan merasuki anak kelak ketika telah berada di lingkungan yang lebih besar yakni lingkungan masyarakat.

Senantiasa memantau lingkungan sosial anak

Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan sosial turut mempengaruhi bagaimana kepribadian individu kelak. Lingkungan yang baik dan kondusif tentu akan memberikan hal-hal positif kepada anak dan juga sebaliknya. Oleh karena itu upaya yang harus dilakukan selanjutnya adalah selalu menatau dengan siapa dan apa yang dilakukan oleh anak di lingkungan sosialnya. Banyak orang tua yang melalaikan hal ini sehingga anak menjadi sosok pribadi yang berbeda di lingkungan rumah dan dilingkungan sosialnya. Sebenarnya, peran orang tua kembali sangat dibutuhkan dalam hal ini. Orang tua harus senantiasa mengingatkan sang anak untuk bijak dalam memilih lingkungan permainan dan hal ini akan lebih mudah dilakukan bila sejak kecil ia telah dibiasakan dengan hal itu. Kedekatan antara anak dan orang tua juga menjadi faktor penting, hal ini dikarenakan sang anak akan mencari lingkungan yang nyaman, walau hal itu negatif, ketika di rumah ia tidak mendapatkan rasa nyaman itu.

Menyediakan Sarana Pengembangan diri Bagi Anak

Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa tawuran merupakan sebuah penyaluran energi yang begitu besar yang dimiliki oleh remaja. Oleh karena itu orang tua dan sekolah harus menyediakan sarana penyaluran bagi si Anak. Kegiatan ekstrakurikuler seperti, Tim Futsal, Tim Basket, Tim Karya Ilmiah Remaja, dan Rohis bisa menjadi sarana untuk menyalurkan energi anak ke sesuatu yang positif

Senantiasa Mempelajari Ajaran Agama

Hal yang tidak kalah pentingnya, dan mungkin menjadi hal yang paling penting adalah senantiasa membekali diri dengan ilmu-ilmu Agama. Bekal ilmu agama ini dapat menjadi filter yang ampuh bagi anak untuk menhindari aksi tawuran. Karena dengan mempelajari agama, mereka akan mengetahui bahwa menyakiti orang lain adalah perbuatan yang terlarang apalagi sampai menghilangkan nyawa orang lain tanpa alasan yang jelas. Tidak bisa dipungkiri bahwa fenomena tawuran juga dipicu oleh jauhnya mereka dari ajaran agama ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: